Minggu, 26 Juli 2015

Sainskonologi - Banyak hal di Dunia ini yang sebenarnya salah/tidak terbukti secara ilmiah tapi karena sudah turun temurun dipercaya oleh masyarakat menjadi sesuatu yang dianggap benar. Akibatnya fakta salah tersebut sudah mendarah daging di beberapa masyarakat yang masih menganggap hal-hal dibawah ini adalah benar.

Berikut beberapa fakta yang salah tapi dianggap benar:


  • Banteng Sensitif terhadap warna merah
Faktanya banteng buta parsial. Banteng mempunyai penglihatan yang kurang baik, jadi bukan karena warna merah dari kain yang membuat banteng mengamuk. Lalu kenapa ketika matador mengibaskan kain merah banteng mengamuk?? itu lebih dikarenakan banteng merasa terganggu karena kibasan sang matador dan gestur matador yang mengundang kemarahan banteng.

  • Alkohol membuat hangat
Panas yang dirasakan karena alkohol merupakan tipuan. Faktanya Ketika kamu minum alkohol pembuluh darah kamu membesar, sehingga darah bergerak lebih dekat dengan permukaan kulit. Sehingga, kamu merasakan kehangatan. Padahal saat yang sama, pembuluh vena yang memompa darah lebih dekat ke permukaan kulit menyebabkan kamu kehilangan panas tubuh juga.
  • Gunung Everest merupakan gunung tertinggi di dunia
Sejak di bangku sekolah dasar kita percaya bahwa Gunung Everest merupakan gunung paling tinggi di bumi. Gunung Everest memang gunung tertinggi jika diukur dari permukaan laut bukan dari dasar gunung. Faktanya  yang berhak menyandang sebagai gunung tertinggi adalah Mauna Kea di Kepalauan Hawaii. 
  • Bunglon berubah warna sesuai dengan wilayah sekitar
Ada anggapan bahwa ketika dalam tanah bunglon bisa berwarna keclokatan. Sedangkan ketika di pohon, kulit bunglon akan berwarna hijau. Faktanya bunglon tidak berubah warna seperti itu. Hewan satu ini merubah warna kulitnya tergantung dari suhu, cahaya, dan mood, bukan warna objek di sekitarnya. 
  • Sydney merupakan ibukota Australia
Masih banyak yang salah menyebutkan ibukota Australia. Faktanya Ibu kota dari negara ini adalah Canberra bukan Sydney. 
  • Mencukur bulu akan membuatnya tambah lebat
Ini merupakan sesuatu yang sudah sangat tidak asing di telinga kita, saya pun semenjak kecil sudah sering mendengar istilah ini. Tapi Faktanya, bukan karena bulu yang dicukur. tetapi jika setelah dicukur kelihatan lebat karena ujung bulu yang kita cukur tebal yang menyebabkan kelihatan lebih lebat. Jadi jangan khawatir ketika anda mencukur, karena jika bulu/rambut tumbuh itu memang sudah saatnya tumbuh
  • Petir Tidak Menyambar 2 Kali Ditempat Yang Sama
Hampir di seluruh belahan bumi, masyarakat umumnya mempercayai bahwa sebuah petir tidak akan pernah menyambar dua kali di satu tempat yang sama. namun  Faktanya, sebuah penelitian kemudian berhasil menunjukkan bahwa pernyataan tersebut adalah bohong belaka. Dalam penelitian itu diketahui bahwa secara ilmiah petir dapat menyambar satu titik selama berkali-kali. Petir tidak pilih-pilih tempat saat menyambar, hanya saja petir cenderung menyambar apa saja yang lebih tinggi dari obyek sekitarnya.
  • Tembok Besar China bisa dilihat dari luar angkasa
Ini adalah sebuah kesalahpahaman yang harus dikoreksi. Faktanya, Angkasawan dari Apollo sudah mengkonfirmasi bahwa keajaiban dunia itu tidak bisa dilihat dari bulan. Lebih baik pergi ke China langsung untuk melihatnya ketimbang harus ke bulan. Atau cukup lihat di gambar aja yang praktis... :D

Demikian beberapa fakta yang selama ini salah tetapi dianggap benar. Semoga setelah membaca artikel ini bisa membuka mata Anda dalam memahami hal-hal tersebut.

1 komentar:


EmoticonEmoticon