Senin, 13 Januari 2014

Mungkin sedikit mengejutkan bagi anda yang belum pernah mendengarnya, tapi penelitian telah membuktikannya.
Pantas saja kalo saya kehujanan suka sakit kepala?? 
Apakah air hujan segitu asamnya?? 
Bagaimana caranya??
 mungkin itu pertanyaan yang banyak dilontarkan. Karena sebagian orang banyak yang berfikir air aki itu identik dengan asam sulfat.

Perbedaan Air aki zuur dan air isi ulang aki
Sebelum mengetahui apakah air hujan benar-benar bisa digunakan untuk isi ulang aki, perlu diketahui perbedaan aki zuur dan air isi ulang aki. aki zuur adalah air aki yang diisikan pertama ke aki yang mengandung "asam sulfat", sedangkan air isi ulang aki adalah air hasil penyulingan (destilasi) yang murni tidak mengandung mineral. Biasanya aki zuur berwarna merah dan  isi ulangnya berwarna biru.

Proses air hujan
Air hujan  sama halnya dengan air hasil destilasi di laboratorium, mengalami proses penyulingan secara alami yang disebut siklus hidrologi. Proses ini lebih ilmiah, yang meliputi penguapan dari tanaman, vegetasi darat (transpirasi), penguapan dari air laut, sungai, danau, dan sumber air darat (evaporasi), kemudian terkumpul menjadi awan yang menggumpal menjadi satu kesatuan yang mengembun (kondensasi), terus menerus naik hingga suatu titik dimana suhu bagian bawah sangat dingin karena ketinggian tempat dan terhalangnya sinar matahari dari awan yang ada di sebelah atasnya, terjadilah hujan (presipitasi).
Karena proses penyulingan secara alami inilah air hujan menjadi murni. dan sama dengan air hasil destilasi yang biasa digunakan untuk isi ulang air aki.

Cara untuk membuat air hujan untuk isi ulang aki
Tidak semua air hujan bisa digunakan untuk pengganti isi ulang aki, karena tingkat keasaman suatu tempat dengan tempat lain bisa berbeda. Hal tersebut bisa dikarenakan tingkat pencemaran yang berbeda, daerah yang tingkat pencemarannya tinggi cenderung tingkat keasamannya tinggi. Dan air hujan yang asam tidak baik untuk aki.
Berikut langkah-langkah jika anda ingin mencoba mengisi ulang air aki anda dengan air hujan.
1. Ambil air hujan tanpa perantara apapun walaupun hanya talang air. Lebih baik gunakan bahan plastik seperti ember tanpa ada logam sedikit pun. karena jika air hujang sudah terkena logam, air hujan tersebut sudah tidak murni lagi.
2. Jangan mengambil air hujan yang jatuh pertama kali. ( biarkan dulu hujan turun beberapa saat)
3. Masukkan air tersebut ke aki anda.
4. Selamat mencoba!!!!






EmoticonEmoticon