Sabtu, 22 Agustus 2015

Pengguna internet pasti sudah tidak asing dengan kata berikut.. Hacker!!! yang dibayangkan pertama kali ketika mendengar kata hacker pasti menjebol sistem, password, jaringan dll. Dan yang paling penting adalah identik dengan kejahatan. Lalu benarkah seperti itu?? Apakah semua hacker benar-benar jahat???
Sebenarnya ada sedikit kesalahan persepsi dari kebanyakan orang tentang arti dari Peretas, karena selain hacker ada juga istilah yang dinamakan cracker. Berikut adalah pengertian hacker dan cracker:

Hacker adalah Istilah yang digunakan kepada orang atau sekelompok orang yg memberikan sumbangan berguna buat dunia jaringan & system operasi, menciptakan program yang dapat membantu utk dunia jaringan & pc. Hacker pun dapat di kategorikan sebagai perkerjaan yg dilakukan buat mencari kelemahan suatu sistem & memberikan konsep atau cara yg dapat memperbaiki kelemahan sistem yg di temukannya.

Ciri-ciri hacker :

1. Memiliki keahlian menganalisa kelemahan dari suatu system atau web. Sbg sample : apabila seseorang hacker mencoba untuk menguji suatu website, dijamin isi web tersebut tidakakan berantakan & mengganggu lainnya. Rata Rata hacker melaporkan kejadian ini utk diperbaiki dan menjadi sempurna. Bahkan seseorang hacker akan memberikan masukan & saran yg dapat memperbaiki kebobolan sistem yg dia masuki.
2. Hacker memiliki kebiasaan yang kreatif dalam mendesign sebuah program yg bermanfaat bagi siapa saja.
3. Seseorang Hacker tak akan pelit membagi ilmunya kepada beberapa orang yg serius atas nama ilmu wawasan & kebaikan.
4. Satu Orang hacker bakal senantiasa memperdalam ilmunya & memperbanyak pemahaman berkenaan dengan system operasi, program dan jaringan.


Cracker adalah Istilah yang digunakan kepada orang yg mencari kelemahan sistem & memasukinya buat kebutuhan pribadi & mencari keuntungan dari sistem yg dimasuki seperti : pencurian data, penghapusan, serta perusakan jaringan. Biasanya cracker disebut juga Black hat hacker.

Ciri-ciri Cracker:

1. Biasanya cracker dapat menciptakan sebuah program bagi kebutuhan ia sendiri & bersifat destruktif atau merusak & menjadikannya satu buah keuntungan. Sbg contoh : Virus, Pencurian kartu non tunai, Kode Warez, Pembobolan Rek. Bank, Pencurian Kata Sandi E-mail/Web Server.
2. Mampu berdiri sendiri atau berkelompok dalam bertindak.
3. Memiliki situs atau channel dalam IRC yg tersembunyi, cuma beberapa orang tertentu yg mampu mengaksesnya.
4. Memiliki IP address yg tak sanggup dilacak.
5. Kasus yg amat sering yaitu Carding ialah Pencurian Card Credit, setelah itu pembobolan website & mengubah segala isinya jadi berantakan. Sebagai contoh yang pernah terjadi : Yahoo! sempat mengalami kejadian seperti ini maka tak mampu diakses dalam waktu yang lumayan lama.

Sudah cukup jelas bukan perbedaan antara Hacker dan cracker?? Awas, jangan salah lagi ya.... kasian para hacker yang sangat berjasa dalam memperbaiki kelemahan sistem....


EmoticonEmoticon