Senin, 24 Agustus 2015

Sebelumnya telah saya jelaskan tentang perbedaan Hacker dan Cracker, sangat banyak hacker dan cracker yang telah lahir dari masa ke masa seiring perkembangan teknologi yang kian lama semakin maju. Dibawah ini ada beberapa hacker dan cracker yang terkenal sepanjang masa, ada yang memang melakukannya karena keingintahuan, iseng dan ada pula yang memang sengaja melakukannya untuk kejahatan. Berikut profil singkat dari mereka.

15 Hacker Terkenal sepanjang masa :

1. Kevin Mitnick


Kevin Mitnick pernah menjadi yang paling dicari cybercriminal di dunia. Julukannya adalah The Poster child  of computer hacking. Namun, ia tidak mau disebut sebagai Hacker. Dia menyebut dirinya insinyur sosial. Dia pernah menyusup ke perusahaan terkemuka seperti IBM, Motorola, perusahaan telekomunikasi dan bahkan sistem peringatan Pertahanan Nasional dan dia mencuri jutaan dollar dari rahasia perusahaan tersebut. Mitnick pernah ditangkap dua kali dan masuk penjara karena kejahatannya, tapi sekarang ia adalah seorang konsultan keamanan komputer.

2. Vladimir Levin


Vladimir Levin Leonidovitch adalah Hacker Rusia yang sangat jenius. Pada tahun 1994 saat bekerja dengan koneksi dial-up dan laptop dari Saint Petersburg Apartemen, ia mengakses rekening beberapa pelanggan perusahaan besar dari Citibank dan mencuri sebesar USD 10,7 juta dan memasukkannya kedalam rekeningnya sendiri. Dia akhirnya menghabiskan tiga tahun penjara. Namun, pada tahun 2005 sebuah kelompok hacker anonim datang mengklaim bahwa mereka adalah orang-orang yang benar-benar bertanggung jawab atas pencurian dan bahwa mereka hanya menjual Vladimir data yang diperlukan untuk mencuri uang.


3. Mathew Bevan dan Richard Pryce


Pada tahun 1996, Mathew Bevan dan Richard Pierce dengan umur masing-masing 21 dan 17, ketika mereka masuk ke komputer militer. Mereka tidak hanya hack ke komputer militer AS, namun para pejabat pikir mereka mungkin juga meng-hack ke Utara Sistem Negara Korea juga.

4. Michael Calce aka MafiaBoy


Michael Calce, seorang Hacker Kanada bertanggung jawab atas serangkaian profil tinggi serangan cyber pada tahun 2000. Proyek Rivolta nama proyek ia menyebutnya berarti kerusuhan di Italia itu didistribusikan penolakan serangan layanan yang menurunkan situs utama Yahoo, FIFA, Amazon, eBay , CNN, dan Dell antara lain. Ia tertangkap setelah membual tentang serangan di ruang IRC chat yang ia punya delapan bulan penjara. Mengapa kalimat pendek seperti itu? Michael hanya di sekolah tinggi pada saat itu.


5. Adrian Lamo


Adrian Lamo adalah seorang hacker ponsel yang meluncurkan serangan-serangannya dari warnet, perpustakaan atau dari kafe-kafe. Dia melakukan hacking hanya sebagai tantangan dan hanya untuk bersenang-senang, ia secara berkala akan masuk ke sistem keamanan komputer milik orang atau perusahaan lain, kemudian ia pun segera memberitahu pemilik jaringan tentang kerentanan atau bugs yang ada pada jaringan tersebut. Dia bahkan pernah membuat dirinya menjadi seorang ahli dengan menambahkan namanya ke database surat kabar New York Times. Dia ditangkap pada tahun 2003. Ia juga sebagai orang yang bekerja sama Bradley Manning, yang telah membocorkan dokumen pemerintah untuk Wikileaks.

6. Jeanson James Ancheta


James yang baru berusia 16 tahun, menjadi remaja pertama yang dikirim kepenjara karena kasus hacking. Ia membajak/ hacking sistem komputerisasi pemerintah AS yang rumit, seperti NASA dan Departemen Pertahanan. Ia dilaporkan telah mencuri perangkat lunak senilai lebih dari 1,7 Juta Dollar. Pada tahun 2004 ia mulai bekerja dengan botnet rxbot, sebuah worm komputer yang dapat menyebar dari komputer yang terinfeksi yang memberinya kontrol untuk 500.000 komputer termasuk komputer militer AS.

7. Gary Mckinnon


Gary Mckinnon a.ka  adalah hacker Skotlandia yang mendalangi hack komputer militer terbesar sepanjang masa. Sebenarnya awalnya hanya dari keingintahuan dia tentang UFO, kemudian dia mulai mencari hal yang ingin tahu ke dalam komputer NASA. Namun tidak hanya itu, dia pun menyusup ke 97 angkatan bersenjata Amerika Serikat dan hanya dalam jangka waktu sekitar 24 jam ia menghapus file penting termasuk log senjata. Total kerusakan yang ia akibatkan sekitar $ 700.000.


8. Owen Walker


Owen Walker hanya 17 ketika ia masuk ke sebuah kelompok hacker internasional yang menyebabkan kerusakan lebih dari 26 juta dolar. Remaja sekolah yang bertanggung jawab untuk menciptakan virus Bot yang menyebar ke 1,3 juta komputer di seluruh dunia. Meskipun ia tertangkap dan menyebabkan banyak kerusakan, dia dibebaskan tanpa dihukum.


9. Astra


Hacker bernama Astra, yang nama aslinya tidak pernah terungkap adalah Geek matematika berusia 58 tahun, yang dioperasikan antara 2002 dan 2008 selama periode lima tahun. Dia mencuri data teknologi senjata dalam perangkat lunak pemodelan 3D dari sebuah perusahaan bernama Salt Group, yang dijual hingga Rp 361 juta untuk pembeli di seluruh dunia. Dia dilacak di sebuah apartemen di Athena, Yunani.


10. Albert Gonzalez


Albert Gonzalez, selama dua tahun ia mencuri total 175 juta nomor kartu kredit dan dijual secara online. Tidak diketahui berapa total uang yang dia ambil dari korban-korbannya melalui pencurian identitas, meninggalkan mereka untuk pertempuran untuk mengembalikan peringkat kredit dan mendapatkan uang mereka kembali. Dia dijatuhi hukuman 40 tahun

11. Kevin Poulsen


Kevin Poulsen, dikenal sebagai Dark Daante di komunitas para Hacker, Spesifikasinya ada di sistem jaringan telepon, khususnya stasiun radio. Hack iconnya 1991, dia mengambil alih semua jaringan telepon yang masuk yang menuju stasiun Radio KISS-FM di Los Angeles, karena hal itu akan dapat membuat Kevin memenangkan kontes pendengar radio dan mendapatkan hadiah Porsche 944 S2. Kevin Poulsen akhirnya menjadi incaran para FBI dan ditangkap disaat yang sama ketika ia mendapatkan Porsche dan juga saat itu dia memenangkan kontes di stasiun yang berbeda, ia mendapatkan 20.000 dollar. Ia menghabiskan waktunya selama 51 bulan dipenjara dari hasil dari perbuatannya itu.

12. Lyod Blankenship


Loyd merupakan anggota  Legion of Doom,  yang merupakan rival dari Masters of Deception atau MoD, sekitar tahun 80-an. Ia juga dikenal sebagai mentor, selain itu, ia juga dikenal sebagai penulis The Hacker Manifesto, yang ditulisnya setelah 1986 usai ia ditangkap. Ia selalu membela para hacker, menurutnya para hacker hanya ingin memuaskan rasa keingintahuannya semata.

13. George Hotz


George Hotz mungkin adalah seniman Jailbreak terkenal, dia disebut - sebut sebagai tokoh utama dalam hal jailbreaking Playstation April 2011. Sebagai salah satu Hacker pertama untuk jailbreak Sony Playstation 3, Hotz harus berhadapan dengan Sony di pengadilan, mungkin karena Hotz merilis ke Publik tentang metode Jailbreaking-nya. Sony menyatakan, bahwa sekelompok Hacker anonymous menyerang Perusahaan tersebut dengan level keamanan yang sangat tinggi. Tapi Hotz membantah pernyataan tersebut, ia mengatakan tidak bertanggung jawab atas serangan tersebut.

14. Stephen Wozniak


Salah seorang pendiri Apple ini ternyata mengawali kariernya dibidang keamanan sistem informasi atau sebagai seorang hacker. Saat ia masih kuliah di Universitas California, Berkeley, ia acap kali mengutak-atik sistem telepon dengan phreaking. Hal ini memungkinkan dia bisa melakukan panggilan saluran langsung jarak jauh (SLJJ) secara gratis. Dia bahkan menggunakannya untuk memanggil para pemimpin dunia seperti Paus. Tidak lama setelah itu, ia mulai bekerja dengan Steve Jobs untuk mendirikan Apple Computer.

15. David Smith


Ketenaran Smith berasal dari penulis email virus yang terkenal sebagai virus Melissa. Menurut Smith, virus Melissa tidak pernah bermaksud untuk menyebabkan kerusakkan, simpelnya virus itu hanya merambat ( artinya komputer yang terinfeksi mengirimkan email yang terinfeksi ke email orang lain yang belum terinfeksi) ke sistem computer yang overload/berlebihan dan ke server yang ada di seluruh dunia. Virus yang dibuat Smith ini tidak biasa, awalnya tersembunyi, dan virus ini berisi password ke 80 situs web pornografi terkenal. Lebih dari 6.000 email virus yang telah ditemukan.


EmoticonEmoticon