Sabtu, 12 September 2015

Windows Holographic adalah Sebuah gabungan Platform terbaru komputasi dari Microsoft, Aplikasi yang memungkinkan Presentasi fisik dunia nyata yang tergabung dengan element virtual (Hologram). Windows Holographic memiliki lingkungan opreasi augmented-reality, dimana setiap universal windows App dapat berjalan. Selain itu, teknologi API Holographic merupakan bagian dari Universal platform Windows dan didukung  sebagai standard pada Windows 10 (termasuk versi perangkat mobile dan Xbox One. Supaya lebih jelas Anda bisa lihat teknologi tersebut seperti gambar dibawah ini.

Mencengangkan bukan?? Teknologi yang sebelumnya hanya ada di film, sekarang sudah terwujud menjadi kenyataan. Anda pun sebentar lagi akan bisa menikmatinya.

Windows Hololens

Perangkat utama untuk dapat menikmati kecanggihan Windows Holographic adalah dengan menggunakan Windows Hololens. Windows Hololens adalah Sebuah headset Smart-glasses Cordless, self contained windows 10, menggunakan sensor canggih high definition 3D stereoscopic Optical Head mount display dan spatial sound untuk memungkinkan aplikasi augmented reality dengan user interface alami bagi pengguna untuk berinteraksi dengan melalui tatapan, suara, dan gerakan tangan. Hololens telah dalam pengembangan selama lima tahun sebelum akhirnya diumumkan di Tahun 2015. Microsoft mengharapkan Hololens harus dibuat tersedia untuk umum dan bisa dijual di pasaran. dan berencana akan rilis Tahun Depan.

Desain Hololens dibuat berbentuk seperti kacamata yang terhubung ke ikat kepala yang disesuaikan dengan bahan yang empuk dan nyaman untuk dipakai. Unit ini dapat miring ke atas dan ke bawah serta disesuaikan maju mundur dalam kaitannya dengan ikat kepala. Untuk memakai Hololens, pengguna menggunakan roda penyesuaian di bagian belakang kepala. Versi rilis HoloLens diproyeksikan dengan berat sekitar 0,4 kg.

Selain CPU high end dan GPU, Hololens memiliki unit pengolahan Hologram (HPU). Co-processor custom oleh Microsoft yang efisien memproses dan mengintegrasikan data dari berbagai sensor, mengangani tugas-tugas seperti pemetaan spatial, pengakuan isyarat, dan pengenalan suara. Menurut Kepala Penemu Hololens Alex Kipman, Proses HPU "Terabytes of Information" dari sensor Hololens secara realtime.

Application

Pada tahun 2015 ini, sejumlah aplikasi Windows Holographic telah dipamerkan atau diumumkan, berpusat di sekitar Microsoft HoloLens. Ini termasuk HoloStudio, aplikasi pemodelan 3D yang dapat menghasilkan output untuk printer 3D. Sebuah implementasi dari aplikasi telekomunikasi Skype. Sebuah digital anatomi manusia kurikulum interaktif oleh Case Western Reserve University dan Cleveland Clinic. Perangkat lunak teknik arsitektur oleh Trimble Navigation. Versi video game Minecraft. Fungsi diperpanjang untuk aplikasi pembuatan Autodesk Maya 3D. Dan yang terakhir, Onsight dan Sidekick, proyek perangkat lunak yang dikembangkan sebagai bagian dari kolaborasi antara NASA dan Microsoft untuk mengeksplorasi aplikasi realitas campuran dalam eksplorasi ruang angkasa.

Dikembangkan bekerja sama dengan NASA Jet Propulsion Laboratory (JPL), onsight mengintegrasikan data dari rover Curiosity menjadi simulasi 3D dari lingkungan Mars,  para ilmuwan di seluruh dunia dapat memvisualisasikan, berinteraksi, dan berkolaborasi secara bersama-sama menggunakan perangkat HoloLens. Onsight dapat digunakan dalam perencanaan misi, pengguna dapat program kegiatan rover dengan melihat target dalam simulasi, dan menggunakan gerakan untuk menarik dan perintah menu pilih. JPL berencana untuk menyebarkan onsight dalam operasi misi Curiosity, menggunakannya untuk mengontrol kegiatan rover pada bulan Juli 2015.

Sidekick adalah alat bantu virtual untuk astronot dengan dua mode operasi. Remote expert Mode menggunakan fungsionalitas dari Holographic Skype aplikasi-suara dan video chat, real-time penjelasan virtual. Untuk memungkinkan ground operator dan anggota space kru untuk berkolaborasi secara langsung atas apa yang astronot melihat, Ground operator dapat melihat kru pandangan anggota ini dalam 3D, memberikan bimbingan interaktif, dan menarik penjelasan ke lingkungan anggota kru. Dalam Prosedur Mode, animasi ilustrasi virtual ditampilkan di atas benda yang anggota awak berinteraksi. Mode ini dapat digunakan untuk bimbingan dan instruksional tujuan dalam skenario mandiri. Sidekick sedang digunakan untuk digunakan pada Stasiun Luar Angkasa Internasional. NASA mengharapkan Sidekick untuk digunakan oleh astronot di operasi misi yang sebenarnya pada akhir tahun ini.




EmoticonEmoticon