Kamis, 13 Agustus 2015

Perbedaan Malware, virus, worm, trojan, spyware dan Adware

Menjengkelkan rasanya ketika komputer kita tiba-tiba lambat, muncul file-file aneh yang ga jelas, file banyak yang hilang, browser menjadi abnormal ataupun banyak gejala-gejala aneh yang mendadak terasa di Komputer kita.
Biasanya kebanyakan pengguna akan menyebut gejala-gejala diatas disebabkan oleh virus yang menyerang pada komputer yang mereka gunakan. Gak ada salahnya Anda menyebut penyebab itu semua oleh virus, tetapi sebenarnya virus hanya nama yang diberikan kepada salah satu program yang dapat merusak komputer. Lebh tepatnya Perangkat lunak yang dirancang khusus untuk merusak, mengganggu, mencuri, atau tindakan tidak sah pada data, host, jaringan adalah Malware. Dan ternyata jenis-jenis malware tidak hanya virus, namun ada banyak jenis dari lagi, seperti worm, trojan, bot, dll. 

Untuk lebih memahami jenis-jenis Malware, disini saya akan coba ulas cara kerja dari beberapa Malware diatas:

Virus

Virus adalah jenis malware yang menyebar dengan menyisipkan salinan dirinya menjadi bagian dari program lain. Seperti halnya virus dalam kedokteran, virus dapat menyebar dari satu komputer ke komputer lain. Virus dapat mengganggu data, merusak software atau  menyebabkan (DoS) denial-of-service. Hampir semua virus melekat pada sebuah file executable (*.exe), virus mungkin ada pada sebuah sistem tetapi tidak akan aktif atau dapat menyebar sampai pengguna menjalankan atau membuka file host dari virus tersebut. Ketika kode host dieksekusi, kode virus dieksekusi juga. Biasanya, program host terus berfungsi setelah terinfeksi oleh virus. Namun, beberapa virus menimpa program lain dengan salinan dari diri mereka sendiri, yang merusak program host sama sekali. Virus menyebar ketika perangkat lunak atau dokumen mereka melekat ditransfer dari satu komputer ke komputer lain menggunakan jaringan, disk, file sharing, atau terinfeksi lampiran e-mail.

Worm

Cara kerja Worm sangat mirip dengan virus, mereka meniru salinan fungsional dari diri mereka sendiri dan dapat menyebabkan jenis kerusakan yang sama. Berbeda dengan virus, yang membutuhkan penyebaran suatu file host yang terinfeksi, Worm dapat berjalan mandiri dan tidak memerlukan program host atau bantuan pengguna untuk menyebarkan. Pertanyaanya adalah bagaimana Worm dapat menyebar jika tidak ada yang mengaktifkannya?? Worm hanya dapat menginfeksi sebuah komputer jika dia menemukan sebuah celah keamanan dari software yang ada dalam komputer tersebut. Contohnya Microsoft Office, Adobe atau software terkenal lainnya yang biasanya menjadi sasaran Worm tidak akan menginfeksi jika celah keamanan dalam jaringan tertutup

Trojan

Ini adalah bagian yang berbahaya dari perangkat lunak yang terlihat seperti program yang baik bagi pengguna (crack, game atau software lainnya). Pengguna biasanya tertipu setelah menjalankan sistem mereka. Setelah Trojan diaktifkan, Anda akan mendapat serangan pada host, iritasi pada pengguna (bermunculan jendela atau mengubah desktop) merusak host (menghapus file, mencuri data, atau mengaktifkan dan menyebarkan malware lainnya, seperti virus) . Trojan juga dikenal untuk membuat pintu belakang untuk memberikan pengguna malware dapat mengakses ke sistem.
Tidak seperti virus dan worm, Trojan tidak mereproduksi oleh menginfeksi file lainnya juga tidak mereplikasi diri. Trojan  menyebar melalui interaksi pengguna seperti membuka lampiran e-mail atau men-download dan menjalankan file dari internet. Berhati-hatilah dengan virus ini, karena walaupun tidak menduplikat diri mereka tetapi sangatlah berbahaya terutama bagi informasi pribadi dari komputer Anda.

Spyware

Sesuai namanya, spy adalah mata-mata. Spyware merupakan Malware yang bekerja untuk mematai-matai agar dapat mencuri data-data pribadi korban. Hal yang sering menjadi sasaran adalah username dan password. Selain itu, spyware juga biasanya dapat memantau segala tingkah laku pengguna seperti website yang sering dikunjungi. Dan bahayanya spyware ini dapat mengalihkan pengguna ke website lain dari yang dia kehendaki.
Adware
Adware merupakan jenis malware yang tergolong baru, tidak terlalu berbahaya namun keberadaannya sangat mengganggu pengguna komputer. Adware adalah malware advertising (iklan) yang membawa banyak iklan di komputer korban dan bisa menyebabkan komputer lambat karena harus menampilkan pop-up iklan pada windows terutama di browser. Search engine pada browser berubah, muncul iklan2 yang gak jelas bisa menjadi salah satu tanda komputer anda terkena Adware. 

Cara Terbaik untuk Memerangi Virus, Worms, Trojans, dan Bot


Langkah-langkah pertama yang bisa anda lakukan untuk melindungi komputer Anda untuk memastikan bahwa sistem operasi Anda adalah up to date. Ini berarti secara teratur menerapkan patch terbaru dan perbaikan yang direkomendasikan oleh vendor OS. Kedua, Anda harus memiliki perangkat lunak antivirus yang diinstal pada sistem Anda danpastikan selalu update untuk memastikan bahwa perangkat lunak Anda memiliki perbaikan terbaru untuk virus baru, worm, Trojan, malware lainnya. Jika Antivirus Anda tidak update justru malah berbahaya, karena bisa menjadi alat bagi malware untuk menyebarkan malware2 tersebut. Selain itu, Anda harus memastikan bahwa program antivirus Anda dapat memindai e-mail dan file yang Anda download dari internet. Ini akan membantu mencegah program berbahaya masuk ke komputer Anda. Anda juga hasu mempertimbangkan untuk mengaktifkan firewall untuk pengamanan tambahan.


EmoticonEmoticon