Minggu, 02 Maret 2014

Manfaat dan bahaya minum kopi - Siapa sih yang tidak kenal dengan minuman yang satu ini?? Minuman dengan rasa pahit dan memiliki aroma yang khas ini sangat digemari oleh semua orang, sampai2 ada sebagiang orang yang kecanduan dan jika tidak meminum kopi mereka biasanya merasa lemas dan tidak bersemangat.
Dibalik nikmatnya minuman kopi, ada beberapa manfaat dan bahaya dari minum Kopi berikut diantaranya :

Manfaat Kopi

    Kopi Hitam
  1.  Kopi untuk mencegah rasa kantuk

    Saya rasa semua orang juga udah tahu kalo kopi dapat mencegah rasa kantuk. Ini disebabkan oleh kafein yang terkandung didalamnya. Kafein yang kita konsumsi akan memerangi senyawa adenosin yang ada di dalam otak kita. Senyawa adenosin inilah yang membuat kita merasa ngantuk. Itulah sebabnya kenapa ketika kita minum kopi dapat mencegah rasa kantuk.
  2.  Kopi dapat mencegah kanker mulut dan melindungi gigi

    Senyawa yang terdapat dalam kopi bermanfaat juga untuk mencegah terjadinya resiko kanker mulut dan membatasi pertumbuhan sel kanker. Selain itu kopi memiliki sifat anti bakteri dan anti-perekat yang sangat baik dan memungkinkan untuk menyembuhkan berbagai masalah berkaitan dengan kesehatan mulut, termasuk gigi berlubang, pembentukan plak dan infeksi gusi.
  3. Mencegah stress

     Minum kopi juga dapat memaksimalkan kerja otak lebih baik. Kandungan antioksidan yang terdapat di dalam kopi dapat menangkal kerusakan pada sel otak dan membantu jaringan saraf untuk bekerja lebih baik. Zat kafein dalam kopi berfungsi sangat baik sebagai stimulan pada tubuh kita. Hal ini dapat merangsang indera kita dan meningkatkan laju metabolisme. Sehingga meningkatkan kemampuan dalam berkonsentrasi, mengatasi perubahan suasana hati bahkan depresi.

Bahaya Kopi

  1.   Meningkatkan resiko penyakit Jantung dan Stroke

    Jika diminum secara berlebihan, kopi dapat menyebabkan penyakit jantung dan stroke. Kadar Trigliserida (kolesterol jahat) dalam tubuh akan meningkat dan menimbulkan endapan lemak sehingga terjadi penyempitan dalam pembuluh darah. Hal inilah yang dapat menimbulkan penyakit Jantung dan stroke
  2.  Kopi dapat menimbulkan penyakit Magg / Lambung

    Sebagian orang mungkin ada yang merasakan jika setelah meminum kopi, perut terasa mual. Itu adalah salah satu gejala magg/penyakit lambung, karena ketika kita meminum kopi asam lambung didalam tubuh kita akan tinggi sehingga menimbulkan rasa sakit pada lambung kita.
  3. Kopi dapat menyebabkan Keguguran

      Bagi kaum wanita yang sedang hamil, sebaiknya dihindari dulu meminum kopi. Atau minimal porsinya dikurangi. Karena kafein didalam kopi dapat mempengaruhi janin pada kandungan Anda. 
  4.  Kopi dapat menurunkan daya tahan tubuh

    Kandungan kafein didalam kopi menyerap vitamin dan mineral dalam tubuh kita sehingga tubuh kita lebih cepat kekurangan cairan. Usahakan meminum air putih minimal 2 gelas jika anda meminum kopi sebanyak 1 gelas.
Itulah beberapa Manfaat dan Bahaya kopi bagi kesehatan. Segala sesuatu ada Manfaat dan bahayanya, termasuk kopi. Jika dikonsumsi secara wajar akan ada manfaatnya, tetapi sebaliknya jika dikonsumsi secara berlebihan tunggu saja waktu anda merasakan efek sampingnya.


EmoticonEmoticon